Jakarta Rules!!

Wah..ni cerita tentang pengalaman ke Jakarta hari Rabu minggu lalu. Ceritanya, sy bersama 2 teman sy (Irwan dan Chiro) mau survey kos-kosan di Jakarta. Kita pengen kuliah di sono ni critanya.
Kita sampai di Jakarta Rabu malem. Nginep di sodaranya Chiro, kami tidur dengan pulas dan nyenyak. Singkat cerita, kita habiskan (sekitar) 5 hari di jakarta dengan puas dan senang.
Nah, karena kita pengen kuliah di sana, selama beberapa hari itu kita coba ngamatin perilaku orang-orang Jakarta. Adaptasi ceritanya.. Setelah mengamati dengan seksama, kita menyimpulkan bahwa Jakarta punya beberapa “kebiasaan” “peraturan” yang harus ditaati kalo pengen bertahan hidup disana! Ya.. ni subyektif banget sih, apalagi kita ngamatinnya sambil ngalor ngidul ngakak-ngakak gak karuan!*Lho, emang kita ngamatin apaan??!*

Peraturan pertama : Dilarang mudah percaya sama orang asing
Buktinya, pas sy tanya sama mbak2 mahasiswi UI di Depok, mereka pada masang muka curiga ma sy! Gak mau liat wajah, apalagi niatan mau jawab sapaan sy. Padahal sy cuma mau bertanya, “Dimana toiletnya ya mbak??”.
Astaghfirullah… Sabar Sad.. Sabar…

Peraturan Kedua : Ndorong atau didorong!
Ni peraturan, berlaku di semua tempat! Sudah jelaslah! Intinya, kalo gk mau keduluan, yaa nduluin! Kejam…kejam…

Peraturan Ketiga : jangan suka bawa barang berharga
Bisa gawat kalo kita bawa barang berharga. Sebagai contoh : hape keren, perhiasan, anting-anting sekian gram, dansebangsanya. Atau kalo bawa silahkan, tapi jangan diliat-liatin didepan umum! Bisa-bisa anda dikuntit dan dirampok! Gawaaat, gawaat..

Peraturan Keempat : Pelajari Bahasa Setempat!
Suatu saat, sy pergi membeli pulsa pedana Esia. “Pulsa perdana Esianya ada, mas?” Pertanyaan yang sangat teramat wajar sy lontarkan kepada sang penjual. Penjualnya seorang mas2 masih muda dan sangat keren.
Beberapa sepersekian detik kemudian…
Kok tiba2 raut mukanya jadi sangar ya? Kayak gk terima dikatain kayak gitu. Kok aneh.. Apa salah sy??
Ternyata, eh ternyata, jangan gunakan kata-kata “mbak” atawa “mas” kepada orang-orang keren! Karena “mas” dan “mbak” khusus untuk para manusia ber-title tukang. Ya..tukang bakso-lah, tukang ledeng kek, dan sebangsanya. Jadi, harap hati-hati kalo di Jakarta ya pal! Gunakan “bang” , “pak” atau “kak” untuk orang yang lebih tua dari kita.
Pertanyaannya, kalo ketemu tukang bakso keren, dipanggil “mas” atau “kak” ya?

Gitu aja tips dr sy sebelum anda-anda pergi ke sana. *Halah!*

Special thanks to : Mbak Sekar dan Mas Dana di Pejompongan, uda mau kita repotin selama berhari-hari..Dan Mas Robi yang udah ajakin sy muter-muter Dufan.Cheers!

Advertisements

About Asad

Student of Computer Science Faculty, Universitas Indonesia. CEO and Founder FlipBox Studio, web and mobile apps development company. Contributor of TeknoJurnal.com. Co-founder TukuShop.com. Friend of WordCamp Indonesia, Annual WordPress developer meetup. Also an Apple minded user.

13 responses to “Jakarta Rules!!”

  1. haryanni says :

    eh si Ari Indonesia idol kan dari jogja ??? dia dah tahu peraturan2 in belum ya Zad?? hehe

  2. danee says :

    we eee..

    thx y sad, dah add link ku di blogmu.

    n seharusnya anda berbesarhati karena orang yang pertama komen di blogmu ini tu aku!

    *menanti komen ini dihapus*

    wakakakaka,

    regards,

  3. Mas Asad says :

    #haryani
    bukan ari mbak. Aji kalee..hehe

    #danee
    syng skali, ternyta kamu bukan yg pertama tul!hehe.
    but,thx ya!

  4. tya oke says :

    ah,aku juga ngalamin Peraturan Keempatmu itu Sad! duh, mbak2nya langsung bertampang sinis. mengerikan.

  5. Mas Asad says :

    #tya oke
    hwakakak..jakarta memang aneh..hehe.

  6. gLAmouritZ says :

    hhawakakakaaak!!!!
    maklum..maklum…wong jokja sobo jkarte!=P
    aah,,jkt,sakjane byasa wae ah,,cuma kliatan lbh”wah”ajja..luthuan jokja
    hwehe…piss!!

    adek nda mbayangin mukanya mas pas bli krtu perdana..mesti njuk ndembix sangaad..hahaa!!
    adek jga nda mbayangin org2 kyak klian ber3 terdampar di kota metropolitan..jkt…
    ngekos,,cari mam ndiri,,nyuci ndiri,,nyapu2 kmr kos,,pake “loe-gue”logat jokja (wee..piye kuwi..ikikikkk!=P)

    pesen adek: ati2,,pilih2 temen yg bener,,biar babe-mami muchlas gak nyesel nyekolahin mas disono..n adek2muw (tmbah)bangga pda dirimuw…

    gudlak yaa ‘mas’ asad…!!

    ^^

  7. raras says :

    yaampunnn hahaha..
    iya tuh padahal kan lebih spesifik pake mas ato mbak.emang payah orang jakarta. mbak ato mas kan panggilan yang lucu dan simpel!

  8. Mas Asad says :

    #raras
    yup!bener banget.JAKARTA ANEH!Hehe.

  9. -dhani'- says :

    Hakakakaka..

    Untung(eh,bkn pk untng gru bk lho!) diriku bc blog mu dlu..jd bsk jaga2 wkt djkt! Ku mau menunaikan lbran djkt! Mo k dufan..hakakaka..

  10. Mas Asad says :

    #-dhani’-
    Ahahaha. Selamat lebaran de kl gituu. Hwakk.

  11. tyas says :

    dasar asaadd… hha. konyol kamu sad. hha. ternyata blogmu lebi gila dan tidak waras daripada punya saiaa.. hha.

  12. Mas Asad says :

    #tyas
    ahaha..sama2 de…hehe..=P
    mksh uda berkunjung..

  13. Faisal says :

    1. sy dah 22 th hidup di JKT tp kyknya peraturan nomor 4 ga terlalu bgt kok! sys aja sering manggil org2 di kereta api listrik AC dr manggarai ke Bintaro ( yg notabene karyawan2 kantor di Sudirman yg biasanya keren2 atau cantik2) dgn mas atau mbak mereka biasa2 aja! mungkin yg anda panggil itu manusia transeksual (kasarnya banci)! ya mereka biasanya marah dipanggil mas! mereka sukanyan dipanggil mbak! jd klo cowo2 yg bersolek dan gerakannya lemah gemulai, panggil aja mbak ( tp liat2 mana yg lebih condong jgn sampe panggil mbak malah ditonjok sama dia hehehehehe… >.<)

    2. untuk peraturan 1, memang lebih baik anda bertanya pada cowok itu lebih aman atau tanya kepada pihak yg berwajib spt satpam/petugas2 yang bertanggung jawab di daerah tsb! karena tingkat korban kriminalitas di Jakarta lebih banyak wanita dr pada pria, jadi biasanya wanita2 Jkt itu lebih berhati2! tp klo anda berpenampilan sopan dan bertanya baik2 biasanya mereka akan kasih tahu tuh!

    3. untuk peraturan 3, kyknya peraturan ini berlaku di setiap wilayah deh baik lokal maupun internasional! spt kata bang napi, "Kejahatan terjadi bukan karena ada niat pelakunya saja, tapi juga karena adanya kesempatan! WASPADALAH WASPADALAH!"

    that's all, may you enjoy to live in Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: